Tuesday 28 October 2014

Indahnya Curug Seribu Bogor


Curug, atau dalam bhs indonesia yang bermakna air terjun. Curug Seribu atau Air Terjun Seribu ini mempunyai ketinggian air lebih kurang 100 mtr. dengan curahan air yang besar. Sumber air curug datang dari Gunung Salak serta mengalir ikuti arah Sungai Cikuluwung, Curug Seribu yaitu air terjun paling besar di Taman Nasional Gunung Salak. Pernah berbincang-bincang dengan warga seputar, diberi nama Curug Seribu karena dinding-dinding batu air terjun paling utama juga dikellingi air terjun-air terjun kecil atau bila dipandang seperti tetesan-tetesan air yang mengalir serta jumlahnya sangatlah banyak, terlebih waktu musim penghujan, hingga layak diberi nama Air Terjun Seribu, Air Terjun Seribu termasuk juga dalam Lokasi Wisata Gunung Salak Endah serta dibawah naaungan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Lokasi

Terdapat di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Peta serta Koordinat GPS : 6° 42' 24. 77 " S 106° 40' 58. 62 " E

Aksesbilitas
Lebih kurang berjarak 38 km dari kota Bogor sampai Pintu Gerbang Lokasi Wisata Gunung Salak Endah serta dari pintu gerbang ini berjarak kurang lebih 3 km sampai tiba di pintu masuk Curug Seribu, saat sebelum masuk anda dapat beristirahan diwarung seputar pintu masuk atau yang memakai mobil dapat parkir di sini, tepatnya disamping jembatan gantung yang cuma dapat dilewati dua orang dengan cara berbarengan. Dari jembatan gantung ini dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak seputar 1 km menuju tempat Curug Seribu. Keadaan jalan ke tempat ini naik turun, curam serta licin dengan saat tempuh relatif tidak sama.

Apabila anda menempuhnya dengan berlari-lari tengah, lebih kurang yang diperlukan seputar 30 menit, apabila anda menempuhnya dengan jalan normal kurang lebih diperlukan 1 jam untuk meraih ke tempat Curug Seribu. anjuran saya, baiknya dalam perjalanan di buat sesantai-santainya hingga tak perlu memaksakan otot-otot badan, toh takkan lari curug seribu dikejar, namun lantaran rasa penasaran yang senantiasa berkobar untuk secepat-cepatnya lihat Curug Seribu bikin gerak kaki makin cepat, hingga saat kembali pulang, daya telah terkuras habis, belum lagi saat dialiran sungai Curug Seribu anda khilaf dengan kejernian serta kesegaran airnya hingga tidak kuasa bikin anda berbasah-basah ria di dalam air serta bermain-main sampai kelelahan.

Fasilitas

Di objek wisata ini ada banyak sarana yang bisa di nikmati pengunjung diantaranya MCK, camping ground, shelter, serta warung makan.

Terkecuali Curug Seribu masih tetap ada curug-curug lain di lokasi ini. Seluruhnya curug itu terdapat dekat dengan jalan raya hingga gampang dijangkau.