Friday 31 October 2014

Wisata Pulau Rubiah di Sabang - Aceh





Keindahan alam Indonesia memanglah demikian banyak membentang dari sabang hingga merauke, satu diantaranya ada di lokasi kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, yakni Pulau Rubiah yang bersebelahan dengan Pulau Weh. Pulau yang luas perairannya meraih 2. 600 ha ini tawarkan indahnya alam bawah laut serta wisata bahari yang masih tetap alami. 


Dulu, Pulau Rubiah yaitu pulau yang jadikan tempat transit untuk calon jemaah haji asal Aceh yang akan berlayar menuju mekkah pada saat jaya Kerajaan Aceh. Pada saat Perang Dunia II lantas, pulau ini jadi benteng pertahanan pasukan Belanda serta Jepang, serta sampai sekarang ini reruntuhan bangunan pertahanan pasukan Belanda itu masih tetap tampak disana. Pulau ini di kenal juga sebagai surganya taman laut lantaran memiliki bentuk yang seperti akuarium raksasa. Di dalamnya ada beragam jenis type ikan tropis, terumbu karang, kerang raksasa, serta ada banyak yang lain. Terumbu karang di sini terbagi dalam beragam type, bentuk serta warna yang membuat gugusan karang yang menarik. Untuk menuju ke lokasi ini, dapat meniti jalan darat atau perairan memakai perahu nelayan. Bila memakai perahu, anda dapat menumpang kapal yang telah disiapkan (disewakan) oleh warga setempat. 

Kapal yang disiapkan berbentuk speedbot atau kapal yang sudah dilengkapi dengan kaca untuk lihat keindahan isi laut di seputar Pulau Rubiah. Harga sewa boat dari mulai Rp 250. 000 – 300. 000 sampai kembali ke daratan di Iboih. Bila berkelompok, pasti biaya sewa boat tak terlampau berat. Setiap boat dapat menyimpan 10 orang penumpang. Untuk anda yang pertama kali datang ke Banda Aceh serta mau memakai jalur perairan, anda dapat menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue. Sehari-harinya, 2 x feri cepat serta sekali feri lambat pergi dari Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan, Sabang. Feri kapal cepat pergi seputar jam 09. 30 WIB dengan saat tempuh seputar 1 jam. Untuk feri lambat, menggunakan saat seputar 2 jam dengan jam keberangkatan 10. 30 WIB. Untuk jalur darat, anda dapat memakai minibus umum untuk menuju ke Pantai Iboih seputar 1 jam perjalanan dengan keadaan jalan yang telah beraspal. Kemudian, anda dapat menyewa boat ke Rubiah dengan saat tempuh seputar 20 menit. 


Di seputar Taman Laut Pulau Rubiah terdapat banyak cottage/penginapan dengan cost yang sangatlah murah, sekitar pada 80 ribu rupiah sampai 150 ribu rupiah. Anda bakal memperoleh potongan harga bila bermalam lebih lama. Biasanya turis asing bermalam mininal 1 minggu sampai 2 bln.. Bila anda mau bersnorkling, cuma dengan 40 ribu rupiah anda bakal memperoleh masker, kaki bebek, serta pelampung. Tetapi untuk anda yang mau lihat lebih dalam lagi keindahan taman laut ini anda dapat menyewa peralatan Diving dengan kisaran harga seputar 600 ribu rupiah. Tidak cuma jadi maksud wisata, Pulau Rubiah juga digunakan juga sebagai tempat riset Biota laut seperti terumbu karang serta ikan karang. Bila anda lakukan snorkeling jadi beberapa tempat riset itu dapat anda temui. Umpamanya daerah Transpalantasi Karang yang sudah dikerjakan oleh sebagian instansi.