Monday 27 October 2014

Menikmati Liburan di Air Terjun Sambabo


Air terjun Sambabo tepatnya terdapat di Desa Ulumambi Kecamatan Bambam. Air terjun yang datang dari kata Samba serta Botto ini ada pada ketinggian 400 mtr. serta ada seputar 10 km. dari Kota Mamasa atau seputar 300 km. dari Kabupaten Polewali Mandar. Air terjun ini jadi kebanggaan sendiri untuk provinsi sulawesi tenggara, lantaran air terjun ini adalah air terjun paling tinggi di Pulau Sulawesi.

Air terjun Sambabo mempunyai keindahan yang cukup mengagumkan tidak cuma untuk wisatawan lokal untuk beberapa namun juga untuk wisatawan mancanegara. Air terjun bertingkat-tingkat serta terdapat ditempat yang cukup tinggi ini dapat jadi daya pikat, bahkan juga ada di antara beberapa wisatawan asing yang berasumsi bahwa keindahan Air Terjun Sambabo tak kalah hebatnya dengan air terjun Niagara di Amerika. Kemegahan bukan sekedar berpusat di Air Terjun Sambabo saja, alam seputarnya juga menarik, terpampang di lereng pegunungan serta ada diantara batu-batu besar, juga dihiasi dekorasi rimba alami yang melingkari air terjun. Untuk meraih Air Terjun Sambabo, terlebih dulu kita mesti melalui jembatan gantung, pasti ini bakal jadi sesnsasi sendiri, lantas mendaki lembah seputar 500 mtr., serta kita akan lalui kebun kopi serta kakao.

Seperti beberapa tempat yang lain di Indonesia yang memiliki narasi mitos, Air terjun Sambabo sendiri konon mempunyai penjaga berbentuk burung raksasa yang menghuni gua batu di balik derasnya air terjun, burung ini sekali keluar dalam satu tahun menjalajahi lokasi sekitarnya hingga pantai barat Sulawesi diteluk Mandar Hingga air terjun ini dinamakan samba botto disingkat Sambabo lantaran burung raksasa ini mengembarai lokasi luas dalam Bhs Bambang “ Ussambai Botto “.

Untuk Anda yang mau bertandang serta datang dari Luar Sulawesi Barat, untuk hingga ke Air Terjun Sambabo, akses yang termudah hanya dari Makassar, Sulawesi Selatan. Ada transportasi hawa dari Makassar menuju Bandar Hawa Tampa Padang, Mamuju. Kemudian, perjalanan dapat dilanjutkan ke Mamasa dengan memakai mobil sewaan atau angkutan umum. Setibanya di kota Mamasa, dianjurkan istirahat sesaat saat sebelum melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Bambam, tempat dimana object wisata air terjun Sambabo ada.

Di kota Mamasa, banyak sarana yang disiapkan untuk beberapa wisatawan, salah satunya hotel, penginapan, restoran, rental mobil, sampai pusat penjualan oleh-oleh khas Mamasa. Oleh karena itu, saat sebelum berkunjung ke Air Terjun Sambabo, alangkah sebaiknya kita berkunjung ke kota Mamasa terlebih dulu. Namun yang sangatlah disayangkan yaitu bahwa tempat seindah ini tak terpublikasi serta diurus dengan profesional hingga jadi surga yang teraniaya.