Monday 27 October 2014

Kumpulan Wisata Pantai Keren di Pacitan


Kabupaten Pacitan memanglah populer mempunyai keindahan object wisata. Tempat kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mempunyai kelebihan dari hamparan laut yang ada di lokasi Samudera Indonesia. Ada 17 pantai di Pacitan yang mempunyai kekhasan sendiri di tiap-tiap object wisata pantai itu. Tersebut kekhasan serta keelokan pantai – pantai yang ada di Pacitan.

1. Pantai Banyu Tibo

Salah satu pantai di Pacitan yang layak jadi rekomendasi wisata anda yaitu Pantai Banyu Tibo Pacitan. Yang unik, pantai yang terdapat di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini yaitu Air Terjun yang ada di tepi pantai di mana kucucan airnya segera terjun ke pantai Selatan.

Nama Banyu Tibo yaitu nama yang didapatkan oleh orang-orang seputar di mana air terjun itu ada. Makna Banyu Tibo menurut bhs jawa yaitu air yang jatuh. Yang bikin Banyu Tibo jadi sangatlah menarik, yakni air terjun ini terdapat pas ada di pinggir bibir pantai.

2. Pantai Buyutan

Pacitan juga memiliki pesona Pantai Pasir putih yang lain yang tidak kalah eloknya dengan Pantai Srau, Watukarung, ataupun Klayar. Pantai Buyutan yaitu nama Pantai itu. Yang menarik dari Pantai ini yaitu pasir putihnya yang indah serta bersih dan birunya warna laut yang berpadu dengan semilirnya angin khas pantai. Pantai Buyutan yaitu salah satu pantai di kota 1001 goa yang terdapat di kecamatan Donorojo, Pacitan. Letak wilayahnya dekat dengan Pantai Klayar yang juga ada di daerah yang sama.

3. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong masih tetap ada di Kelurahan Sendang, Donorojo Pacitan, atau bila menuju ke Pantai Klayar, letak pantai Karang Bolong yang ada di samping barat. Jalan masuknya pas di depan pos retribusi pantai Klayar. Tetapi sampai sekarang ini, aksesnya masih tetap alami serta cukup susah terlebih dalam keadaan jalan basah. Kelihatannya jalan yang masih tetap dari tanah ini terbentuk lantaran rutinitas kendaraan melalui jalur ini.

Pemandangan khas Pantai Karang Bolong yaitu kita dapat nikmati keindahan pantai selatan dengan tebing-tebing hijau yang gagah dengan tebing yang menjorok kelaut yang ada di pinggir Barat pantai ini. Tidak jauh lain dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali.

4. Pantai Klayar

Object wisata pantai yang satu ini jadi object wisata unggulan serta sekalian Ikon dari Kabupaten Pacitan. Namanya Pantai Klayar. Pantai Klayar ada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini ada seputar 35 hingga 40 km ke arah barat Kota Pacitan, serta bisa di raih seputar 90 menit dari kota Pacitan. Serta menurut histori yang ada, konon nama Klayar datang dari guyonan lokal Klayar-kluyur dengan kata lain jalan-jalan.

Pantai Klayar yaitu pantai dengan karakteristik berbentuk hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru atau dapat pula dimaksud Hijau Tosca, batu karang yang menakjubkan, serta air mancur alami. Seluruhnya itu membuatnya pantai dengan pesona alam indah di Pacitan, Jawa Timur. Sebagai ciri khas serta bikin Pantai ini indah yaitu bentuk batuan karang Tanah Lot yang indah dengan bebatuannya, juga di pinggiran Pantai Klayar banyak gundukan yang mempunyai ciri khas dari pantai lain yang ada di pacitan.

5. Pantai Sruni

Pantai Sruni ini yaitu pantai pasir putih yang ada di Desa Jlubang, Pringkuku Pacitan. Di antara seluruhnya object wisata pantai di Pacitan, pantai ini memanglah belum dikelola dengan cara baik, meskipun pemandangan pasir putihnya bagus. Di Desa Jlubang ini dapat ada object wisata lain yaitu Luweng Jaran.

Tetapi akses menuju jalan Pantai Sruni ini masih tetap belum baik hingga tidak sering yang bertandang ke pantai ini.

 6. Pantai Srau

Terkecuali Pantai Klayar, object wisata di Pacitan dengan corak yang sama yaitu pantai Srau. Corak yang sama pada ke-2 pantai ini yaitu dari ciri khas pasir putih yang sangatlah mencolok, juga banyak karang yang tampak sangatlah indah di ke-2 pantai ini. Pantai Srau ini terdapat di Desa Candi Kecamatan Pringkuku.

Jaraknya seputar 25 Km ke arah Barat dari pusat kota Pacitan. Jalan menuju pantai Srau cukup berkelok-kelok serta cuma melalui ruas jalan yang kecil serta desa desa yang kebanyak masih tetap berumah gebyok (dari kayu) walau telah terdapat banyak rumah yang terbuat dari tembok.

Yang membedakan Klayar dengan Pantai Srau yaitu wilayahnya, Klayar mempunyai ruang yang sempit, sedang Pantai Srai mempunyai ruang yang sangatlah luas, serta bahkan juga tidak terbatas. Hingga dengan ruang yang sedemikian luas, banyak dipakai untuk ruang parker mobil dengan tanpa ada cemas tak kebagian tempat. Ruang parker ini masih tetap dilengkapi dengan panorama alami berbentuk kebun kelapa yang memberi kenyamanan sendiri untuk beberapa pengunjung.

7. Pantai Watukarung

Ciri paling utama dari pantai ini bersih di dalam sempit belahan batu, serta bersua dengan beberapa puluh perahu nelayan, sesaat juga lebih lebar dari Pantai Srau terdapat tak jauh dari pantai ini serta ada pula sebagian pulau kecil di teluk. Watu Karung yaitu pantai yang mempunyai pasir putih hamper serupa dengan Pantai Srau.

8. Pantai Teleng Ria

Pantai yang berjarak 3, 5 km dari pusat kota ini mempunyai basic dari pasir serta ombak dengan jenis beach break. Disini ada suatu life guard tower tempat penjaga pantai mengawasi serta meyakinkan keselamatan beberapa pengunjung.

Pantai Teleng Ria adalah lautan yang menjorok ke darat atau umum dimaksud teluk. Pantai ini dapat dalam deretan Pantai Selatan dengan luas pasir putih selama seputar 3 km. Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang disebut sisi dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, menghadap Samudera Indonesia.

9. Pantai Tamperan

Pantai di seputar Kota Pacitan yang lain terkecuali Teleng Ria yaitu Pantai Tamperan. Pantai ini semakin banyak dipakai untuk pelabuhan Ikan.

Lantaran untuk mensupport aktivitas penangkapan ikan di laut butuh ditunjang dengan terdapatnya prasarana perikanan, terlebih Pelabuhan Perikanan. Pemerintah lewat Dinas Perikanan serta Kelautan Provinsi Jawa Timur bangun salah satu prasarana perikanan (Pelabuhan Perikanan) di lokasi Kabupaten Pacitan. Pelabuhan itu yakni Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tamperan, Pacitan.

Karenanya ada pantai ini, diinginkan pembangunan PPP Tamperan mempunyai tujuan untuk tingkatkan produksi serta produktivitas usaha penangkapan ikan di Jawa Timur, tingkatkan pemasaran hasil tangkap serta pemrosesan ikan, tingkatkan pendapatan nelayan, dan lakukan pembinaan pada nelayan. Pantai Tamperan ada di lokasi Kota Pacitan, seputar 0, 5 Km dari Pantai Teleng Ria.

10. Pantai Kali Uluh

Seperti di sebagian pantai yang lain di Pacitan, Pantai ini mempunyai cirri khas ombak yang besar, hingga sudah pasti Pantai ini jadi surge beberapa penggemar berolahraga surfing. Pantai Kali Uluh ini ada di lokasi Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, seputar 35 Km bila ditempuh dari Kota Pacitan.

Akses jalan menuju ke Pantai ini telah baik, terlebih lantaran melalui jalur lingkar selatan pacitan, melalui lokasi Karanganyar, Sidomulyo serta Gawang. Walau demikian memanglah akses paling utama waktu masuk ke pantai masih tetap agak kurang bagus, terlebih waktu masuk ke Desa Klesem, tempat Pantai ini ada, masih tetap kurang tertangani dengan baik.

11. Pantai Wawaran

Pantai Wawaran, yang disebut Pantai yang ada di lokasi Kecamatan Kebonagung yaitu Pantai yang produktif serta prestatif dalam soal hasil ikannya. Pantai ini, terkecuali mempunyai pemandangan alam khas laut selatan yang indah dengan ombaknya yang besar, juga mempunyai prodktifitas tinggi membuahkan ikan yang berkwalitas tinggi.

Pantai Wawaran ini adalah sentra pengembangan penangkapan ikan laut yang sudah memperoleh penghargaan Presiden RI. Dibawah Koperasi Mina Upadi, usaha perikanan laut berkembang cepat serta mulai mengaplikasikan modernisasi nelayan, seperti pemakaian GPS.

12. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan ber tempat di di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan dari Kota Pacitan lebih kurang 50 KM menuju desa Jetak. Pantai itu populer keindahan alam serta populer kesejukannya. Namun jalan menuju ke Pantai itu kurang mencukupi.

Bila melalui Jalur Lintas Selatan, bakal lebih gampang lantaran pantai ini ada di tepi JLS, lebih kurang 2 Km dari JLS.

Pantai Pidakan dapat disebutkan juga sebagai pantai yang masih tetap alami, lantaran memanglah belum ada campur tangan manusia didalamnya, dengan kata lain belum ada pengelolaan pantai yang moderen, juga sekian dengan pemandangannya juga masih tetap alami. Hal yang sangatlah unik serta yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang ada di Pacitan yaitu perincian dari material Pantainya 70 persen yakni bebatuan alam serta bekasnya adalah pasir putih, hingga di sana ada banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam beragam variasi bentuk ataupun ukuran.

 12. Pantai Soge

Pantai Soge, terdapat di Desa Sidomulyo, Kec. Ngadirojo, Pacitan. Pantai ini ada di tepi jalan raya atau lebih tepatnya Jalur Lintas Selatan, Diluar itu ada juga muara yang menaikkan kekhasan pantai ini. Dengan di bangunnya JLS di Pacitan bikin pantai Soge jadi tempat baru untuk nongkrong, terlebih di lokasi Pantai Soge ini ada jembatan Soge yang bagus.

13. Pantai Tawang

Tepatnya di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo (Lorok), Pacitan suatu pantai yang terlihat masih tetap asri dengan panorama naturalnya yang sejuk bakal menggoda mata kita untuk menuju tempat itu.

Namanya Pantai Tawang, yang disebut suatu pantai yang unik lantaran jaraknya dangkal, ideal untuk yang mau coba mandi atau berenang di air laut, hal semacam ini karena posisi teluk yang mirip kantong hingga arus lautnya tak demikian kuat.

Pantai ini bisa anda tempuh dari pusat Kota Pacitan seputar 30 Km atau seputar 1 jam perjalanan, serta jalannya juga lumayan agak sulit lantaran berkelok – kelok serta banyak tikungan. Tetapi janganlah cemas, setelah tiba dilokasi anda bakal dimanjakan oleh Pesona Pantai ini. Pantai Tawang saat dipandang sepintas, jadi lebih serupa suatu telaga, lantaran kondisinya yang tenang serta tanpa ada ombak, tak seperti Pantai di Pacitan yang lain. Perahu tradisional warga seputar Tawang yang berjejer rapi menaikkan keindahan situasi Pantai yang masih tetap alami ini.

Pantai Tawang, terkecuali pemandangannya yang elok, juga menaruh potensi dalam soal perikanan. Warga seputar menggantungkan hidupnya dari nelayan di Laut pantai Tawang ini. di Pantai ini ada pasar ikan, TPI (tempat Pemrosesan Ikan), serta beritanya pada th. 2011 ini bakal dikerjakan pengembangan pelabuhan perikanan di Pantai Tawang yang dikerjakan oleh PPP Tawang.

14. Pantai Taman

Terkecuali Pantai Soge serta Pantai Tawang, object wisata Pantai yang ada di lokasi Kecamatan Ngadirojo yaitu Pantai Taman. Pantai Taman yang ada di desa Hadiwarno ini adalah object wisata unggulan di Kecamatan itu. Dengan ciri khas garis pantai yang panjang, jadikan pantai ini jadi fasilitas wisata keluarga anda.

Karenanya ada taman wisata Pendidikan sekarang ini, seperti wahan Flying Fox, arena konservasi penyu serta ada arena outbond, jadikan pantai Taman jadi tempat rekomendasi wisata pantai anda

15. Pantai Kunir

Pantai Kunir ada di Kecamatan Sudimoro, karakteristik intinya yaitu pasir putih seperti pantai yang lain di Pacitan. Sampai sekarang ini pantai Kunir belum dikelola dengan cara optimal untuk kepentingan wisata

Tersebut pantai pantai cantik yang ada di selama perairan Pacitan yang dapat kita kunjungai. Sebentar lagi libur sekolah. pas untuk berlibur keluarga