Monday 27 October 2014

Wisata Murah Curug Cigamea Gunung Salak

Wisata Murah Curug Cigamea Gunung Salak

Lepas dari derita asap serta debu kota, waktunya untuk bernafas dengan sejuknya hawa serta udara murni air terjun serta pegunungan, penad dengan nada bising kendaraan serta hiruk pikuk kepadatan masyarakat, jadi telah waktunya untuk memanjakan diri dengan nada alam, gemercik air serta hembusan hawa fresh, Curug Cigamea satu dari sebagian tempat yang menyejukkan, terbagi dalam dua air terjun paling utama yang mempunyai ciri khas sendiri. Air terjun pertama lebih dekat dengan jalan masuk, dengan ciri-ciri tebing lebih curam serta didominasi bebatuan hitam. Kubangan kolam yang menyimpan limpahan air yang ada dibawahnya tak terlampau luas serta dalam dan dikelilingi bongkahan batu hitam yang besar-besar hingga tak dapat dipakai untuk berenang serta cuma pas buat berendam serta basah-basahan nikmati percikan guyuran air yang mendarat ke kubangan kolam.

Sesaat air terjun ke-2 berjarak -+30 mtr. dari air terjun pertama serta ada di celah tebing. Air terjun ke-2 ini mempunyai tumpahan air yang cukup deras dibanding air terjun yang pertama. kubangan kolam limpahan air yang ada dibawah air terjun ke-2 ini lumayan luas dengan warna air yang biru kehijau-hijauan dibagian tengah kolam mengisyaratkan sisi itu cukup dalam. Dahulu saat sebelum ada papan larangan buntuk berenang, saya kerapkali berenang hingga menyentuh tembih aliran air yang jatuh menghujam kebawah serta saya rasa volume air beralih ganti-ubah waktu sekian kali berenang di hari saat yang tidak sama. Pernah saya rasakan hingga tinggi se kepala yakni lebih kurang 1, 75 m serta juga pernah lebih kurang 2, 5 m yaaa bisah jadi bergantung musim. Waktu ada papan larangan untuk berenang, jadi saya tak berani berenang lagi serta cuma main-main di sebelahnya.

Curug ini ada di Lokasi Wisata Gunung Salak Endah (GSE) di kaki Gunung Salak dibawah naungan TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak). Di lokasi ini ada juga sebagian curug lain.

Lokasi

Terdapat di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Peta serta Koordinat GPS : 6° 41' 40. 30 " S 106° 41' 8. 48 " E

Aksesbilitas


Dari Pintu Gerbang Lokasi Wisata Gunung Salak Endah. Setelah itu dari pintu gerbang ini berjarak kurang lebih 4 km sampai tiba di pintu masuk Curug Cigamea. Dari pintu masuk ini dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalan berundak seperti anak tangga yang telah cukup baik dengan menuruni lembah -+ 350 m atau -+25 menit dengan jalan enjoy sampai tiba di tempat Curug Ngumpet.

Di selama jalan terdapat banyak warung-warung penjual makannan serta souvenir dan adapula penginapan serta tempat peristirahatan. kadang-kadang di perjalanan bakal didapati sebagian ekor monyet yang umumnya mendekat untuk minta makanan.

Ada empat jalur yang dapat dipakai untuk menuju lokasi Salak Endah. Pertama yaitu jalur Cemplang (Cibungbulang) -Pamijahan-Salak Endah, lalu ada jalur Cikampak-Salak Endah, Cibatok-Salak Endah serta paling akhir jalur Tamansari-Gunung Bunder-Salak Endah. Biasanya jalur pertama semakin banyak dilewati, hal semacam ini karena mempunyai jarak serta saat tempuh terpendek dari jalan raya Bogor-Leuwiliang. Diluar itu, keadaan fisik jalan di jalur ini semakin bagus serta tak berkelok-kelok.

Untuk yang memakai kendaraan umum dari Bogor (Terminal Barangsiang) naik angkot 03 jurusan Bubulak, lalu disambung dengan angkot lagi ke jurusan Leuwiliang. Turun di pertigaan Cibatok atau Cibungbulang, lantas naik angkot lagi ke jurusan Gunung Picung sampai perhentian paling akhir angkot. Dari perhentian paling akhir angkot itu perjalanan diteruskan dengan jalan kaki atau naik ojek ke pintu gerbang (pos jagalah) Wana Wisata Gunung Salak Endah.

Ticket serta Parkir

Ticket masuk yaitu Rp. 3500 per orang. Sedang ticket masuk ke lokasi Wisata Gunung Salak Endah (GSE) yaitu Rp 7000 per orang termasuk juga kendaraan roda dua.

Nb : Harga setiap saat dapat berubah

Sarana serta Akomodasi

Tersedia banyak tempat penginapan serta warung di lokasi ini.